Kenapa Butuh Jasa Social Management Untuk Mengembangkan Bisnis




Kenapa BISNIS Kamu Membutuhkan SOCIAL MEDIA MANAGEMENT?


Bila Kamu mempunyai bisnis yang membidik segmen pasar orang- orang muda alias para millennials, hingga nyaris tentu Kamu memerlukan jasa social media management

Mengapa?


Mereka Pengguna Berat Social Media


Kita nyatanya lumayan mengerti kalau para millennials yang kebanyakan berumur belasan tahun hingga 30an merupakan tipe konsumen yang berbeda dengan konsumen yang lain. Salah satu perihal sangat jelas membedakan konsumen millennials ini merupakan tingkat interaksi mereka dengan dunia digital.


Bagi studi yang dicoba oleh Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia( APJII) pada Oktober 2016, tingkatan penetrasi internet menggapai 80% pada orang Indonesia yang berumur 20- 29 tahun.


Jika ditanya konten internet apa yang sangat popular, telah jelas jawabannya social media. Tercatat 97, 4% orang Indonesia mengakses account media sosial dikala mengunakan internet.


Telah tidak aneh lagi jika orang- orang muda ini menghabiskan lebih banyak waktu buat internet daripada menyaksikan Televisi. Mereka telah sangat fasih bermain Facebook, Instagram, YouTube serta yang lain semenjak bangun tidur hingga tidur lagi.


“ Your brand should be where your consumers are– in social media.”


Jika bisnis Kamu tidak eksis di mari, jangan kaget jika brand pesaing Kamu masuk duluan.


Mereka Sangat Personal serta Pilih- pilih


Dekat 70% dari mereka memakai smartphone mereka buat mengakses internet.


Ini membuat pengalaman berinternetan terus menjadi personal sebab dapat diakses dari mana saja serta kapan saja, sambal tidur- tiduran di kamar, ngopi di kedai, di meja kerja serta pula hingga di ruang kuliah. Mereka menggemari suatu yang“ gue banget” serta cocok style mereka.


Mereka pula terbiasa komsumsi konten serta data yang sangat banyak. Mereka telah terbiasa memandang iklan yang membosankan dimana mereka bakal langsung mengacuhkannya serta terbiasa pula memandang iklan yang menarik dimana mereka bisa jadi hendak meluangkan waktu beberapa detik untuk mencernanya.


Jika iklan ataupun konten yang merk amati di social media menarik, mereka malah dapat memberikan apresiasi dalam wujud semacam“ likes” serta“ shares”. Inilah wujud eksistensi suatu brand yang pastinya diharapkan.


Gimana dengan bisnis Kamu?


Akibatnya untuk bisnis Kamu merupakan persaingan buat dapat merambah benak mereka meningkat susah. Membuat konten berbentuk perkata, desain visual serta ilham campaign di social media jadi lebih berarti lagi. Jika kurang menarik, bisa- bisa posting social media kita tidak dilirik orang.


Ketika brand kita sudah memutuskan masuk ke social media, jangan setengah- setengah. Kedatangan kita harus keren serta ngejreng!


Jika posting on- off( seminggu posting, minggu depan lenyap), caption diketik sekenanya, hashtag tidak dipikirkan, desain tidak menarik, gambar kurang keren… bakalan sulit membangun brand yang diharapkan di social media.


Mengelola Social Media


Nah, saat ini apa sih social media management?


Sederhananya; pengelolaan media social, dari perencanaan, pembuatan content( perkata, desain ataupun gambar) buat menguatkan brand serta tingkatkan interaksi antara brand dengan konsumen.


Buat menggapai tujuan tersebut, idealnya diperlukan sebagian kedudukan:


Social Media Specialist; menyusun strategi serta mempersiapkan seluruh content berbentuk perkata secara berkala. Tidak hanya itu, bertugas pula buat menanggapi interaksi yang terjalin di account social media brand kita. Mereka pula membuat report secara berkala buat memandang akumulasi followers/ fans serta tingkatan interaksi yang terjalin di posting account social media kita.


Designer; bertugas membuat desain dari posting social media kita supaya memilik look and feel yang menarik dan tidak berubah- ubah.


Photographer; bertugas mempersiapkan potret- potret keren yang dibutuhkan.


Jika bisnis Kamu sanggup melaksanakan itu seluruh sendiri pasti hendak ok. Tetapi umumnya, Kamu wajib fokus pada produk serta operasional bisnis itu sendiri. Jika merekrut orang spesial buat melaksanakannya dapat saja– tetapi apakah banyak orang yang dapat melaksanakan seluruh kedudukan tersebut sekalian dengan mutu ok? Kalaupun dapat, berarti Kamu wajib memusatkan mereka, menggaji mereka serta membagikan THR pastinya.


Gunakan Jasa Agency


Opsi lain yang umumnya ditempuh brand- brand besar yang telah populer merupakan memakai jasa social media management pihak ketiga alias agency. Hanya umumnya biayanya cukup besar. Buat brand- brand yang startup serta mid- sized companies, umumnya hendak agak susah menganggarkan dana lebih dari Rp 10 juta sebulan buat mengelola media social. Opsi lebih cocok umumnya jatuh pada boutique creative agency yang memanglah menawarkan paket harga lebih efektif.


Bila brand Kamu berkolaborasi dengan boutique agency, Kamu bisa senantiasa memperoleh jasa seseorang social media specialist, designer serta photographer dan ditambah lagi dengan kedudukan seseorang strategic planner yang membenarkan arah social media tersebut sejalan dengan elemen marketing communication yang lain. 

Komentar