Pemasaran Media Sosial dan Fitur-Fiturnya


PEMASARAN MEDIA SOSIAL DAN FITUR-FITURNYA

Pemasaran dengan media sosial membuat dampak yang signifikan terhadap strategi pemasaran sebuah perusahaan. Pemasaran semacam ini secara bertahap meningkat, berkembang, dan menggantikan metode yang lebih tua di beberapa perusahaan. Perkembangan sosial media menjadi sangat pesat, para pebisnispun memerlukan jasa pengelola media sosial untuk mengelola sosmed mereka.
 
Misalnya, aplikasi pemasaran tradisional, seperti pemasaran langsung dan pemasaran merek, adalah teknik satu arah, berbasis push dan interrupt-driven. Jenis kegiatan pemasaran ini diarahkan dari perusahaan ke pelanggan. Tanpa permintaan dari pelanggan potensial, perusahaan ‘‘ mendorong ’’ aktivitas pemasaran ke klien, dan ini dapat dicapai dengan mengganggu aktivitas mereka. Menurut Awareness (2008), pemasaran media sosial terdiri dari fitur-fitur baru, seperti berikut:


1. Pemasaran media sosial terdiri dari dialog multi arah. Merek berbicara dengan pelanggan, pelanggan berbicara dengan merek, dan — mungkin yang paling penting — pelanggan berbicara satu sama lain. Situasi ini adalah jenis ikatan baru yang tidak mungkin dilakukan sebelum munculnya Web 2.0.

2. Pemasaran media sosial bersifat partisipatif. Apa yang membuatnya sosial adalah bahwa itu tergantung pada partisipasi pengguna. Agar pemasaran media sosial dapat direalisasikan, partisipasi pengguna diperlukan.

3. Pemasaran media sosial dihasilkan oleh pengguna. Sebagian besar konten dan koneksi dalam komunitas online dibuat oleh pengguna, bukan oleh merek. Tidak diragukan lagi, beberapa konten dan percakapan dihasilkan oleh merek, tetapi jenis konten dan percakapan ini sedikit. Tujuannya adalah untuk membuat pengguna berbicara. Saat ini sudah banyak jasa pengelola media sosial untuk memudahkan bisnis Anda.

Dengan munculnya media sosial yang berbasis internet, sangat dimungkinkan seseorang berbagi pendapat tentang sebuah produk atau perusahaan dengan ribuan orang dalam waktu yang singkat. Dengan cara ini, pengaruh komunikasi dari konsumen ke konsumen sangat melebar di pasar (Mangold and Faulds 2009, 357). 

Semua jenis media sosial memberikan kesempatan mempresentasikan sebuah merek kepada komunitas yang dinamis dan individu yang mungkin tertarik (Roberts dan Kraynak 2008, 149). Media sosial mencakup berbagai aplikasi yang, menggunakan istilah teknis, memungkinkan konsumen untuk '' memposting, '' '' tag”, '' blog, '' dll. Konten ini dibuat oleh media sosial adalah jenis sumber daya yang baru dibuat untuk informasi online yang dibuat, disebarkan, dan digunakan oleh konsumen yang menginginkannya

Komentar